Tangerang,Buktipetunjuk.id —Di Balik Promo Menarik, Ada Misi Literasi dan Strategi Membentuk Perilaku Finansial Baru ICE BSD, Tangerang, Rabu 23 Juli 2025.
Ketika booth Astra Financial dibuka di GIIAS 2025, yang terlihat adalah rangkaian promo, cashback, dan simulasi keuangan.
Namun di balik narasi pemasaran, investigasi kami menemukan bahwa kehadiran mereka bukan sekadar transaksi melainkan rekayasa strategis ekosistem finansial yang dirancang untuk mengubah cara berpikir masyarakat Indonesia tentang kepemilikan kendaraan dan pengelolaan uang.
Inklusi atau Akuisisi Finansial?
Penelusuran kami terhadap data OJK dan internal Astra mengungkap bahwa lebih dari 74% pengunjung booth Astra Financial di GIIAS sebelumnya (2023–2024) adalah kelompok usia produktif (25–39 tahun), mayoritas belum pernah mengakses layanan keuangan formal seperti asuransi atau digital banking.
“Mereka datang cari mobil, pulang bawa akun AstraPay, polis asuransi, hingga aplikasi SEVA yang sudah aktif,” ungkap seorang staf internal yang kami wawancarai secara anonim.
Model One Stop Financial Solution yang ditawarkan Astra Financial bukan hanya layanan terpadu—tapi alat penetrasi pasar untuk membangun loyalitas sejak pengambilan keputusan pertama (first-time buyer). Pengunjung didorong untuk ikut dalam semua lini layanan yang secara algoritmik saling terhubung.
“It’s not just about owning a car, it’s about
embedding a financial behavior,”
pengamat keuangan dari INDEF.
Semua layanan terhubung secara digital untuk membentuk customer journey dari awal pembelian hingga perlindungan keuangan.
1. Strategi “Lock-in Consumer”
Astra tidak hanya menawarkan bunga rendah, tetapi menautkan banyak layanan dalam satu ekosistem digital yang membuat konsumen ‘nyaman’ untuk tidak pindah ke penyedia lain.
2. Literasi Keuangan Disamarkan Sebagai Promosi
Kegiatan edukatif seperti simulasi pembiayaan, konsultasi proteksi, dan “cek kesehatan finansial” disajikan dalam gaya promosi, padahal sesungguhnya membentuk habit finansial baru yang pro-lembaga.
3. Inovasi Kunci Dana = Inklusi Terkurasi
Fitur Kunci Dana dari Bank Saqu bukan hanya inovatif, tetapi juga merupakan upaya gamifikasi tabungan memberikan cashback dengan imbal balik dana yang ‘diparkir’ selama 3 bulan. Edukasi ini belum banyak dijelaskan secara menyeluruh kepada publik.
Program Unggulan di GIIAS 2025
Layanan Program Menarik Catatan Investigatif
ACC & TAF Bunga kredit mobil mulai 2,3% Hanya berlaku untuk tenor 1–3 tahun
SEVA Cashback Rp1,8 juta untuk pengajuan online Integrasi big data dalam proses approval
Bank Saqu Cashback hingga 6% via “Kunci Dana” Butuh parkir dana minimal 3 bulan
Garda Oto Asuransi 1 tahun, bonus 1 tahun Penerapan syarat pengecualian perlu diperjelas
Trade-in Program Cashback hingga Rp6,8 juta Syarat kondisi mobil lama cukup ketat
Inklusi Finansial Harus Disertai Kecakapan
Astra Financial memang tengah membangun ekosistem digital terkuat dalam sektor otomotif Indonesia.
Namun, keberhasilan inklusi harus dibarengi dengan kecakapan masyarakat memahami produk keuangan secara kritis.
Promo tidak bisa menggantikan edukasi yang jujur dan transparan.“Kami tidak menolak inovasi. Tapi konsumen harus memahami bahwa mobil impian juga harus disertai perencanaan keuangan yang sehat,” Pakar literasi keuangan, Universitas Indonesia.
Kunjungi booth Astra Financial di GIIAS 2025 dan alami langsung bagaimana ekosistem keuangan bisa mengubah cara Anda bermobil-bukan hanya hari ini, tapi juga 5 – 10 tahun ke depan.(*)
(Fandi).